Rabu, 19 November 2014

KIR SMA NEGERI 2 KAB TANGERANG EKSIS DI LAPAN BANDUNG


Pada tanggal 9 – 11 Oktober 2014 yang lalu, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 2 Kabupaten Tangerang mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional yang diadakan oleh Pusat Sains dan Antariksa, Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Bandung. Lomba Karya Tulis Ilmiah bertemakan Microgravity ini menantang kemampuan para siswa/i SMA se-Indonesia untuk merancang, membuat, menganalisa, serta mendiskusikan eksperimen bertemakan Microgravity serta menuangkan dalam bentuk karya tulis yang kreatif dan inovatif. Microgravity adalah reduksi efek gravitasi di mana pada kondisi ini, gaya gravitasi tak cukup kuat untuk menarik benda-benda disekitarnya (NASA, 2003). Keadaan ini dapat dibuat di permukaan bumi dengan metode gerak jatuh bebas menggunakan suatu perangkat yang disebut drop tower.
Lomba ini diikuti oleh 103 sekolah dari seluruh Indonesia. Untuk sampai ke final, tim KIR SMAN 2 Kabupaten Tangerang harus melewati seleksi proposal penelitian terlebih dahulu. Berdasarkan seleksi proposal, terpilih 20 tim terbaik, yang kemudian disaring kembali menjadi 5 tim terbaik berdasarkan ide eksperimen yang diusulkan. Tim KIR SMAN 2 Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh Kristien Ester Yolanda, Aisiyah Annisa Mahfudloh dan Siti Dea Aditia Dinia berhasil terpilih sebagai salah satu dari 5 tim terbaik dan berhak melaju ke LAPAN Bandung untuk melakukan eksperimen dan menyelesaikan penelitian, serta mempresentasikan karya tulisnya didepan juri dan audiens.
Lima tim yang terpilih untuk melenggang ke LAPAN Bandung tanggal 9 – 11 Oktober 2014 adalah tim SMA Negeri 2 Bandung, Tim SMA Negeri 2 Kabupaten Tangerang, Tim SMAN Plus Banyuasin Palembang, Tim SMA Negeri 1 Batam, dan Tim MAN 3 Malang.
Pada tanggal 9 Oktober, kelima tim melakukan technical meeting dan pengecekan alat di kantor pusat LAPAN, Jln Dr. Djundjunan No. 133, Bandung.


Gambar 1. Technical Meeting


           Gambar 2. Pengecekan Alat

Eksperimen, pengambilan data, analisa data serta penyelesaian proposal dilakukan pada Jum’at, 11 Oktober 2014 sampai pukul 15.00 WIB.
 

Gambar 3.
Alat Eksperimen: Air dalam Balon

Gambar 4.
Proses Pengambilan Data menggunakan Drop Tower

Gambar 5.
Penyusunan Analisa Data
Puncak acara diselenggarakan hari Sabtu, 12 Oktober 2014. Dimulai dari pukul 7.00 WIB terdapat seminar tentang sistem navigasi dan perkembangan dunia antariksa, ada pula pameran-pameran eksperimen sains yang diselenggarakan LAPAN bagi siswa SD dan SMP yang hadir. Namun acara yang paling dinanti adalah presentasi dan pengumuman pemenang. Tiap tim diminta mempresentasikan hasil eksperimennya didepan juri dan para audiens dari pukul 9.00 – 12.00 WIB. Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang pukul 13.00 WIB di Ruang Auditorium LAPAN.

         Presentasi perwakilan tim SMAN 2 Bandung     tentang analisis pegas pada keadaan mikrogravitasi
          Presentasi tim SMA Negeri 1 Batam tentang analisis
berbagai bentuk benda pada keadaan mikrogravitasi

Presentasi perwakilan tim SMAN 2 Kab. Tangerangtentang analisis perilaku air pada keadaan mikrogravitasi

Presentasi tim MAN 3 Malang tentang listrik
                              pada keadaan mikrogravitasi



Presentasi Tim SMAN Plus Banyuasin, Palembang tentang
Analisis gerak asap pada keadaan mikrogravitasi

Berdasarkan keputusan juri, maka dihasilkan keputusan sebagai berikut.
Juara
Tim
Judul Eksperimen
Hadiah
1
SMA Negeri 2 Bandung
Analisis pegas pada Mikrogravitasi
Teleskop GOTO
2
MAN 3 Malang
Analisis Listrik pada mikrogravitasi
Teleskop GOTO
3
SMAN Plus Banyuasin
Analisis Asap pada Mikrogravitasi
Teleskop GOTO
Harapan 1
SMAN 2 Kab. Tangerang
Analisis Perilaku Air pada Mikrogravitasi
Laptop
Harapan 2
SMAN 1 Batam
Analisis Bentuk Benda pada Mikrogravitasi
Tablet
Meskipun Tim KIR SMAN 2 Kabupaten Tangerang hanya meraih juara harapan 2, namun dengan berpartisipasinya siswa/i SMAN 2 Kab. Tangerang di ajang kompetisi tingkat nasional diharapkan dapat memacu semangat siswa lainnya dalam berprestasi lebih baik lagi demi mengharumkan nama SMAN 2 Kabupaten Tangerang.

Add caption

Sebagai kebanggaan atas prestasi itu diadakan juga penyerahan piagam penghargaan oleh kepala sekolah. Penyerahan itu berlangsung pada saat sebelum upacara bendera selesai.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar